728x90 AdSpace

Latest News
Monday 29 July 2013

Manfaat Puasa Setelah Ramadhan (Puasa Syawal)









Kita ketahui bersama bahwa ada puasa sunnah yang bisa kita kerjakan setelah berpuasa wajib di bulan Ramadhan, yaitu setelah merayakan hari kemenangan (Lebaran). Puasa tersebut bernama puasa Syawal.

Puasa Syawal ini pun lebih dikenal dengan puasa sunnah 6 hari setelah Lebaran. Yang memang disunnahkan oleh nabi besar Muhammad SAW dikerjakan 6 hari lamanya di bulan Syawal. Nah, sahabat lebaran.com, kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa saja manfaat dari puasa sunnah Syawal ini. Berikut manfaat dan keistimewaannya:

1. Puasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadhan, merupakan pelengkap dan penyempurna pahala dari puasa setahun penuh.

2. Puasa Syawal dan Sya'ban seperti shalat sunnah rawatib, berfungsi sebagai penyempurna dari kekurangan. Maksudnya ialah untuk pada saat hari Kiamat nanti perbuatan-perbuatan fardhu akan disempurnakan (dilengkapi) dengan perbuatan-perbuatan sunnah tersebut, salah satunya puasa sunnah ini. Mayoritas puasa fardhu yang dilakukan kaum muslimin memiliki kekurangan dan ketidak sempurnaan, maka hal itu membutuhkan sesuatu (setelah membayar puasa wajib) yang menutupi dan menyempurnakannya.

3. Membiasakan puasa setelah Ramadhan insya Allah menandakan diterimanya puasa Ramadhan tersebut, karena apabila Allah SWT menerima amal seorang hamba, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya. Oleh karena itu barang siapa mengerjakan kebaikan kemudian melanjutkannya dengan kebaikan lain, maka hal itu merupakan tanda atas terkabulnya amal pertama. Demikian pula sebaliknya, jika seseorang melakukan suatu kebaikan lalu diikuti dengan yang buruk maka hal itu merupakan tanda tertolaknya amal yang pertama.

4. Puasa Ramadhan -sebagaimana disebutkan di muka- dapat mendatangkan maghfirah atas dosa-dosa masa lain. Orang yang berpuasa Ramadhan akan mendapatkan pahalanya pada hari Raya'ldul Fitri yang merupakan hari pembagian hadiah, maka membiasakan puasa setelah 'Idul Fitri merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat ini. Dan sungguh tak ada nikmat yang lebih agung dari pengampunan dosa-dosa.

Oleh karena itu termasuk sebagian ungkapan rasa syukur seorang hamba atas pertolongan dan ampunan yang telah dianugerahkan kepadanya adalah dengan berpuasa setelah Ramadhan. Tetapi jika ia malah menggantinya dengan perbuatan maksiat maka ia termasuk kelompok orang yang membalas kenikmatan dengan kekufuran. Apabila ia berniat pada saat melakukan puasa untuk kembali melakukan maksiat lagi, maka puasanya tidak akan terkabul, ia bagaikan orang yang membangun sebuah bangunan megah lantas menghancurkannya kembali.

5. Dan di antara manfaat puasa enam hari bulan Syawal adalah amal-amal yang dikerjakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya pada bulan Ramadhan tidak terputus dengan berlalunya bulan mulia ini, selama ia masih hidup.

Nah, dari sini semoga apa yang kita lakukan sebelum Lebaran (puasa Ramadhan) mendapat berkah, dan bertambah pula amal ibadahnya dengan mengerjakan sunnahnya. Tetapi kembali pada pribadi masing-masing untuk melakukan atau tidak ibadah sunnah tersebut. Karena seperti yang kita ketahui hukum ibadah sunnah adalah jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika tidak dikerjakan insya Allah tidak akan menambah dosa. Selamat kembali fitri sahabat lebaran.com. 

“Oleh Makidui Dari Berbagai Sumber Diedit Admin Pasukan Lebaran”

sumber image : google
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar sahabat... mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan otomatis terhapus

Item Reviewed: Manfaat Puasa Setelah Ramadhan (Puasa Syawal) Rating: 5 Reviewed By: fesblog