728x90 AdSpace

Latest News
Monday 29 July 2013

Manfaat Mimpi Saat Tidur

 - Tidur merupakan kegiatan terbaik untuk memulihkan tenaga setelah seharian kita melakukan banyak sekali kegiatan yang membuat tubuh menjadi lelah.
Ada juga sebagian orang yang memilih tidur ketika sedang bersedih atau sedang mengalami  suatu masalah dan dengan tidur ketika kita bangun kita akan merasa jauh lebih baik. Ketika kita tidur kita akan bermimpi, bermimpi tentang banyak hal.
  Sebagian besar orang percaya bahwa mimpi hanyalah bunga tidur dan kita tidak perlu memusingkan tentang mimpi kita.
Meskipun terkadang apa yang kita rasakan terkadang juga bisa tembus di dalam mimpi. Mimpi yang kita alami ketika kita sedang tidur ternyata memiliki dampak yang baik untuk kesehatan dan hal ini diketahui setelah dilakukannya riset terbaru dari University of California, Berkeley, bahwa lamanya waktu bermimpi ketika kita tidur dapat mengatasi penderitaan yang menyakitkan yang sudah kita alami.
Dalam penelitiannya, UC Berkeley menemukan bahwa, selama fase mimpi dalam tidur, atau tidur rapid eye movement (REM), yaitu ketika bola mata bergerak cepat saat tidur, zat kimia stres dipadamkan dan otak memproses pengalaman emosional dan mengikis memori yang menyakitkan.
Dari hasil penelitian ini telah menemukan jawaban yang menarik kenapa seseorang yang menderita dan mengalami kejadian yang menyeramkan seperti menderita kelainan stres pasca-kejadian traumatis, seperti  veteran perang, menemui kesulitan untuk pulih dari pengalaman yang membuatnya tertekan dan berulang kali dihantui mimpi buruk. Dari penelitian ini jugalah kita bisa mendapatkan jawaban mengapa kita bisa bermimpi di dalam tidur.

Matthew Walker, dosen Psikologi dan Neuroscience di universitas itu yang terlibat dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology, menjelaskan bahwa tahapan mimpi dalam tidur berdasarkan komposisi neurokimianya yang unik yang memberikan semacam terapi sepanjang malam, sejenis balsam yang memenangkan,  yang akan membuang semua hal yang tajam dari pengalaman emosional pada hari sebelumnya.
Tetapi untuk penderita stres pasca-peristiwa traumatis, mimpi dalam tidur memang tidak bekerja efektif sehingga ketika terjadi kilas balik seperti dipicu oleh ban mobil yang meletus maka ingatan akan kejadian yang menyeramkan itu akan kembali dengan sangat jelas. Hal ini disebabkan karena ketika sedang tidur emosi yang meletup-letup masih belum bisa disingkirkan. Dan juga untuk orang menderita trauma dan depresi pola tidur yang sehat tidak berjalan sebagaimana mestinya dan ini jugalah yang menyebabkan mimpi tidak mampu meredam emosi yang terjadi.
Jadi, mimpi apa Anda semalam? 
Sumber Gambar : Google
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar sahabat... mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan otomatis terhapus

Item Reviewed: Manfaat Mimpi Saat Tidur Rating: 5 Reviewed By: fesblog