728x90 AdSpace

Latest News
Saturday 8 June 2013

Mendapat Pertolongan Dari Allah Karena Suka Menolong


Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah saw bersabda :" Siapa yang menolong kesusahan seorang muslim dari kesusahan-kesusahan dunia, pasti Allah akan menolongnya dari kesusahan-kesusahan akhirat. Siapa yang meringankan beban orang yang susah, niscaya Allah akan ringankan bebannya didunia dan akhirat. Siapa yang menutup aib seorang muslim, niscaya Allah akan tutup aibnya didunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hambanya selama si hamba itu menolong orang lain. " ( HR Bukhari)
 
Bagi setiap muslim, wajib mempercayai dan meyakini akan adanya kehidupan setelah kehidupan di dunia ini. Kehidupan itu ada di akhirat. Nanti, setelah meninggal dunia, setiap manusia menjalani kehidupan berikutnya di akhirat. Kematian itu pasti datang dan akhirat itu juga pasti kita jalani.


Perjalanan di akhirat jauh lebih lama dari didunia. Karena itu, dibutuhkan bekal sebanyak-banyaknya. Mumpung masih didunia, perbanyaklah upaya agar memperoleh kemudahan dalam menjalani kehidupan di akhirat nanti.


Rasulullah saw memberikan tuntunan agar mendapat pertolongan Allah SWT di akhirat nanti. Caranya, dengan memberi pertolongan kepada orang-orang muslim dan meringankan beban orang yang susah.

Penduduk negeri ini banyak yang sedang membutuhkan pertolongan. Banyak pula yang kesusahan memikul beban berat kehidupan. Kondisi ini menjadi peluang besar bagi kita untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT. Allah senantiasa menolong hambanya, selama si hamba itu menolong orang lain. Orang cerdas selalu memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya.

----------------------------------------------

BERSIKAP LEMAH LEMBUT 

Ajaran Islam itu penuh dengan kelembutan. Coba kita simak hadis-hadis berikut ini :
Rasulullah saw mengatakan hal ini kepada Aisyah-istri beliau:

“Sesungguhnya Allah adalah Dzat Yang Maha Lembut yang mencintai kelembutan dalam seluruh perkara.” (HR.  Bukhari dan Muslim)
"Sesungguhnya Allah Maha Penyantun, Ia menyukai sifat penyantun (lemah lembut) dalam segala urusan, dan memberikan dalam lemah lembut apa yang tidak diberikan dalam kekerasan dan apa yang tidak diberikan dalam selainnya,” (HR Bukhari dan Muslim)
“Orang yang dijauhkan dari sifat lemah lembut, maka ia dijauhkan dari kebaikan.” (HR.Muslim)
Begitu banyaknya pesan Rasulullah saw tentang kelembutan sikap. Pesan yang sangat mudah dicerna dan juga tidak sulit untuk dilaksanakan. Sebagai negeri yang dihuni sebagian besar pemeluk Islam, selayaknya kelembutan itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga.
“Maukah aku kabarkan kepada kalian tentang orang yang diharamkan dari neraka atau neraka diharamkan atasnya? Yaitu atas setiap orang yang dekat (dengan manusia), lemah lembut, lagi memudahkan.” (HR. Tirmidzi)
“Sesungguhnya sifat lemah lembut tidaklah berada pada sesuatu kecuali akan membuat indah sesuatu tersebut dan tidaklah sifat lemah lembut dicabut dari sesuatu kecuali akan membuat sesuatu tersebut menjadi buruk.” (HR. Muslim)
Lemah lembut tidak berarti pembiaran. Ketegasan sikap tetap harus dipelihara. Mengajak kepada kebenaran terus berlanjud. Begitu juga mencegah kemungkaran, tidak boleh berhenti.  Bersikap tegas, tidaklah harus kasar.

Orang tua yang selalu bersikap lemah lembut, akan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Oleh sebab itu, sikap lemah lembut ini sangat layak dimiliki para orang tua. Dengan demikian, akan semakin banyak anak-anak yang menjadikan lemah lembut sebagai sikap/perilaku kesehariannya. Insyaalah…

by. minon-dakwahislam
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar sahabat... mohon untuk tidak menyertakan link aktif karena akan otomatis terhapus

Item Reviewed: Mendapat Pertolongan Dari Allah Karena Suka Menolong Rating: 5 Reviewed By: fesblog